Beranda Daerah (Video) Cegah Penyebaran Virus Covid-19, PRI Sidomulyo Siapkan Bilik Disinfektan

(Video) Cegah Penyebaran Virus Covid-19, PRI Sidomulyo Siapkan Bilik Disinfektan

184 views
0
Bilik steril, penyemprotan cairan Disinfektan, (Diperagakan oleh Ahcmad Subari Kades Seloretno, poto : Slamet)

LAMPUNG SELATAN – Bagi pasien yang akan berobat ke Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sidomulyo mulai hari ini ini menyediakan bilik disinfektan, untuk mengurangi risiko penyebaran penularan virus Corona (COVID-19).

Bilik tersebut berukuran 2,5 meter x 1 meter x 2 meter, cairan disinfektan akan disemprotkan dengan menggunakan kipas blower. Mulai dari pengunjung, pasien hingga pegawai puskesmas wajib melalui bilik tersebut.

Videonya :

Dr. Rocky Sihombing Kepala PRI Sidomulyo mengatakan, Ini Inisiatif Puskesmas di sini, untuk pasien kita wajibkan cuci tangan terlebih dahulu di tempat yang kita sediakan, kemudian masuk ke bilik disinfektan, kemudian baru masuk ke bagian pelayanan dengan tetap menekankan protokol sosial distancing.

“Kalau hand sanitizer hanya untuk membersihkan tangan saja. Jadi kami buat bilik disinfektan ini,” kata Dr. Rocky, Sabtu 28 Maret 2020.

Lebih lanjut Dr. Rocky menjelaskan, bahwa bilik tersebut baru dioperasikan hari ini, posisi bilik di depan pintu masuk puskesmas.

“Petugaspun sebelum masuk puskesmas diwajibkan cuci tangan dan masuk bilik disinfektan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Sikap ini kami ambil sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19, dan di harapkan dengan adanya bilik tersebut, area puskesmas bisa terbebas dari penularan virus corona.

Tidak haya itu usai masuk bilik disinfektan, kami melaksanakan pemeriksaan suhu badan setelah baru Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) saat melakukan pelayanan.

“Dengan bilik disinfektan ini diharapkan seluruh tubuh menjadi steril sebelum memasuki Puskesmas,” imbuhnya. (Slamet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here