Beranda Daerah Sosialisasi Pengawasan dan Deklarasi Damai Pilkada di Kecamatan Sidomulyo

Sosialisasi Pengawasan dan Deklarasi Damai Pilkada di Kecamatan Sidomulyo

97 views
0
Sosialisasi pengawasan pilkada dan Deklarasi Damai, foto : Slamet Riyadi

LAMPUNG SELATAN – Pemilihan serentak akan segera dilaksanakan di bulan Desember 2020, Bawaslu beserta jajarannya terus gencar menggelar rapat sosialisasi pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), serta menggelar Deklarasi Damai, Selasa (13/10/2020).

Sosialisasi dan Deklarasi Damai Pilkada
kali ini di laksanakan di aula kantor Desa Sidodadi Kecamatan Sidomulyo, di lanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai dan penanda tanganan sebagai upaya menciptakan Pilkada yang demokratis, damai dan sehat.

 

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. hadir dalam rangkaian kegiatan, Bawaslu Kabupaten Lamsel Hendra Fauzi, Camat Sidomulyo, diwakili Kasi Trantib Abadi, Kapolsek Sidomulyo Iptu Hengky Darmawan, SH, MH.

Danramil Sidomulyo diwakili Peltu Turmono, Ketua Panwascam juga Ketua PPK Sidomulyo, Kepala Desa Sidodadi Sigig Edi Lukman, LO masing-masing paslon, tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat.

Ketua Panwascam Sidomulyo, Zainal Arifin menyampaikan, Pilkada serentak kali ini lain daripada yang lain. Pasalnya, pemilihan masih dalam situasi pandemi Covid-19 ini perlu menjadi perhatian semua pihak.

“Hari ini kami melaksanakan giat sosialisasi pengawasan pemilu yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan berbagai ormas yang berada di Wilayah Kecamatan Sidomulyo. Tujuan kami mengadakan giat sosialisasi adalah untuk mensukseskan pemilukada 2020, dan menghindari berbagai pelanggaran pemilu, karena pada saat ini sudah sampai pada tahap kampanye dan diharapakan berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Sementara Camat Sidomulyo diwakilkan Kasi Trantib Abadi mengatakan, Marilah bersama-sama mengawasi dan menjaga serta melaksanakan pilkada ini dengan tertib aman dan damai.

“Bapak ibu dan tokoh masyarakat mempunyai tanggung jawab bersama untuk menciptakan pemilukada yang damai dan sejuk masyarakat merupakan panutan ataupun pemimpin suatu ormas. Untuk itu diharapkan bisa mendukung salah satu paslon agar tidak terlalu berlebihan sehingga tidak menimbulkan situasi yang kurang baik di masyarakat. Dalam mengikuti giat agar tetap mengikuti protokol kesehatan karena pada saat ini kita masih pada masa pandemi corona,”ungkapnya.

Dimomen tersebut Bawaslu Kabupaten Lamsel Hendra Fauzi berharap, agar para panwas di kecamatan benar-benar melakukan pengawasan dengan baik terhadap alat peraga kampanye dan patuhi mengikuti protokol kesehatan saat dilapangan.

Ia juga mengatakan agar dalam pelaksanaan kampanye tidak mengadakan kegiatan dalam bentuk mengumpulkan orang banyak, belajar dari pengalaman, bahwa telah ada Paslon yang melakukan pelanggaran karena tidak mengikuti protokol kesehatan.

“Di temukan juga pelanggaran disebabkan oleh Money politik dan diharapkan kepada panwas agar mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak jatuh pada pelanggaran tersebut,”katanya.

“Saat ini kita masih pada masa pandemi corona sehingga pada setiap kegiatan wajib mengikuti arahan protokol kesehatan sehingga apa apabila ada pelanggaran dapat dibubarkan oleh panwas kecamatan, karena pada saat ini masih di temukan nya wabah covid-19,”tukasnya.

Kapolsek Sidomulyo Iptu Hengky Darmawan sangat berterimakasih atas waktunya sehingga dapat hadir dalam sosialisasi pengawasan pemilu yang dilaksanakan oleh panwas dan sekaligus kita akan mengadakan giat Deklarasi Damai.

“Dengan adanya Deklarasi damai ini diharapakan situasi di wilayah Kecamatan Sidomulyo berjalan aman damai dan sejuk, diharapakan LO masing-masing calon agar saling mengingatkan apabila ada pelanggaran sehingga tidak ada pelaporan terkait pelanggaran pemilu sehingga tida timbul konflik antar calon,”ucapnya.

“Terkait pada saat ini sedang gencar aksi demo terkait UU Cipta Karya diharapkan masyarakat berfikir cerdas dan tidak mengikuti aksi demo yang berujung anarkis, kita ketahui bersama saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 agar dalam setiap kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan,” pungkasnya. (Slamet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here